Latest News

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Menggadaikan Barang



Malang, Jawa Timur, Indonesia - Manusia diidentikkan dengan yang namanya kebutuhan, terutama kebutuhan akan sebuah materil. Apalagi seorang mahasiswa yang tidak lepas akan kebutuhan akan uang. Akhirnya banyak dari mahasiswa sendiri meminjam uang dari rekannya.

Tapi sebelum meminjam menurut saya ada baiknya kita lihat dulu aset apa yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan uang lewat sitem pergadaian.

Opsi penggadaian sendiri boleh jadi perhitungan bagi para mahasiwa untuk mendapatkan uang yang diginuakan untuk kebutuhan. Beberapa barang yang mungkin bisa Anda gadaikan antara lain emas batangan, perhiasan, barang elektronik atau gadget seperti laptop, handphone, dan lain sebagainya. Juga sepeda motor atau sepeda biasa.

Menggadaikan barang memungkinkan Anda mendapatkan pinjaman dalam waktu cepat dengan jaminan barang yang bisa Anda tebus kembali kelak sebelum jatuh tempo. Nah, empat hal-hal yang perlu Anda perhatikan bila hendak menggadai barang:

1. Kredibilitas Jasa Gadai
Bila ingin menggadaikan  barang berharga, pastikan Anda memilih pusat jasa gadai terpercaya. Bagaimanapun, yang akan gadaikan adalah barang berharga ketika Anda masih berharap bisa mendapatkan lagi barang tersebut bila kelak utang gadai lunas. Jadi,  pastikan jasa  gadai yang dituju bisa terpercaya menjaga barang dan menjaga informasi pribadi Anda agar tidak dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

2. Nilai Taksiran Barang
Ketika menggadaikan barang, maka dana pinjaman yang bisa Anda peroleh maksimal 80% dari nilai barang tersebut di pasar. Jadi, tidak Anda jangan kecewa bila nilai taksiran barang tidak sesuai harapan. Sebagai contoh, Anda menggadaikan sepeda motor dimana nilai pasarannya saat ini sekira Rp12 juta. Maka, dana pinjaman yang bisa didapatkan dari menggadaikan sepeda motor tersebut kemungkinan sekira Rp 9 jutaan saja.

3. Biaya Gadai
Biaya gadai meliputi tarif sewa modal dan biaya administrasi yang perlu dibayarkan selama masa pinjaman berlangsung. Biaya administrasi ini akan bergantung pada nominal barang yang Anda gadaikan. Perhatikan pula biaya denda keterlambatan bila pembayaran pinjaman melampaui batas jatuh tempo

4. Kemampuan Pembayaran Pinjaman
Sistem gadai pada umumnya tidak memberikan skema cicilan. Bila ingin menebus barang yang Anda gadaikan, Anda harus membayar pinjaman gadai jatuh tempo beserta biaya-biayanya. Bila sampai jatuh tempo, Anda belum memiliki dana untuk menebus, Anda masih bisa memperpanjang masa gadai. Namun, untuk itu Anda terkena biaya lagi.
Oleh sebab itu pastikan Anda memiliki dana untuk menebus barang berharga, ketika pinjaman jatuh tempo agar barang Anda tidak sampai dilelang oleh pihak jasa gadai. Paling tidak, Anda sudah memiliki perkiraan akan mendapatkan dana untuk menebus barang yang digadaikan.

Itulah beberapa hal yang perlu teman-teman mahasiswa ketahui terkait penggadaian.

Terima kasih!!!!!

No comments:

Post a Comment

HIMAKA UNITRI - All Reserved © 2016

Theme images by Bim. Powered by Blogger.